Pages

Roadshow PPAN Maluku Utara 2017



Roadshow Pertukaran Pemuda Antar Negara (PPAN) Maluku Utara 2017

            Pertukaran Pemuda Antar Negara atau yang disingkat dan lebih dikenal dengan sebutan PPAN adalah program tahunan dari Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Kemenpora RI) berupa pengiriman pemuda-pemudi terbaik dari seluruh pelosok Indonesia mewakili daerah masing-masing dan juga Indonesia di tingkat Internasional.

            Untuk Maluku Utara, PPAN telah terlaksana sejak tahun 2003 sampai sekarang. PPAN menawarkan berbagai program yang beragam; Indonesia Canada Youth Exchange Program (ICYEP) atau Pertukaran Pemuda Indonesia Kanada, Indonesia Malaysia Youth Exchange Program (IMYEP) atau Pertukaran Pemuda Indonesia Malaysia, Australia Indonesia Youth Exchange Program (AIYEP) atau Pertukaran Pemuda Indonesia Australia, Indonesia China Youth Exchange Program (ICHYEP) atau Pertukaran Pemuda Indonesia China, Ship for South East Asia Youth Exchange Program (SSEAYP) atau Pertukaran Pemuda Asean-Jepang, Indonesia Korea Youth Exchange Program (IKYEP) atau Pertukaran Pemuda Indonesia Korea Selatan, dan Asean Students Visit India (ASVI) atau Pertukaran Pemuda Asean-India.

            Adapun persyaratan umum yang harus dimiliki untuk para peserta seleksi PPAN adalah sebagai berikut; Berkewarganegaraan Negara Indonesia dan merupakan putra daerah yang berdomisili di Provinsi Maluku Utara, Pemuda usia antara 18 tahun sampai dengan 30 tahun, belum menikah, berpendidikan terakhir SMA/SMK/Sederajat, sehat jasmani dan rohani, menguasai kesenian/kebudayan Maluku Utara, berwawasan luas secara nasional maupun internasional serta pastinya dapat berkomunikasi secara aktif dan efektif dalam bahasa inggris. 

            Setiap tahunnya Kemenpora bekerjasama dengan Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Provinsi di seluruh Indonesia bersama Purna Caraka Muda Indonesia (PCMI) atau Alumni Pertukaran Pemuda Antar Negara akan menyelenggarakan seleksi terbuka untuk seluruh pemuda-pemudi Indonesia yang ingin mengikuti PPAN dan tidak terkecuali tahun ini. Tahun 2017 ini Maluku Utara berkesempatan mendapat dua kuota PPAN yaitu ICYEP (Pemuda usia 18-24 tahun) dan SSEAYP (Pemuda usia 20-30 tahun).

            PCMI Maluku Utara telah dan sedang dan akan melaksanakan Roadshow PPAN Maluku Utara 2017 untuk mempromosikan PPAN 2017 ke kampus-kampus di Maluku Utara seperti Universitas Khairun, Sekolah Tinggi keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP Kie Raha Ternate), Universitas Muhammadiyah Maluku Utara (UMMU), Universitas Pasifik (UNIPAS Morotai), Piteknik Kesehatan (Poltekkes Ternate) Universitas Bumi Hijrah Sofifi, serta Sekolah Tinggi Pertanian Kewirausahaan (STPK Banau Halmahera Barat).

            Roadshow yang dilakukan juga bukan hanya melalui kunjungan ke kampus-kampus akan tetapi PCMI Maluku Utara juga membangun kerjasama dengan media-media lokal seperti Radio IstanahFm 101 Mhz, Radio Republik Indonsia (RRI Ternate) 96,7 Mhz dan Radio Diahi 89,2 Mhz untuk turut menyebarkan informasi seputar seleksi PPAN 2017 melaui udara.

            Kegiatan mingguan Car Free Day pada hari minggu di seputaran lapangan salero (Sunyie Lamo) yang dimanfaatkan oleh warga sebagai waktu dan tempat untuk berolahraga sekali dalam seminggu pun juga tidak terlewatkan menjadi wadah bagi PCMI Maluku Utara membagikan informasi mengenai seleksi PPAN 2017 kepada khalayak umum terutama pemuda.  

            Harapan dari PCMI Maluku Utara untuk para calon peserta Pertukaran Pemuda Antar Negara (PPAN) perwakilan Maluku Utara tahun ini adalah semoga siapapun yang akan terpilih nanti akan menjadi perwakilan terbaik dari Provinsi Maluku Utara yang dapat mengharumkan nama daerah di tingkat Nasional dan mengharumkan nama Indonesia di tingkat Internasional.

            Tujuan dari PPAN adalah mengirim para pemuda-pemudi terbaik Indonesia ke berbagai negara tujuan untuk kemudian dapat mempelajari berbagai hal yang kedepannya dapat membantu memberikan perubahan dan dampak positif terhadap pribadi maupun masyarakat luas. Pemuda yang bukan hanya duduk diam mengutuk keadaan melainkan bergerak melakukan sesuatu untuk mencapai perubahan ke arah yang lebih baik dari sebelumnya.

            Pengalaman yang didapat selama dan setelah mengikuti PPAN yang dialami oleh para alumni begitu terlihat manfaatnya. Beberapa alumni ada yang telah sukses di dunia kerja sebagai banker di berbagai bank swasta. Ada yang menjadi pribadi yang lebih aktif dan percaya diri daripada sebelumnya dan lebih peka terhadap berbagai isu sosial dan dunia kerelawanan. Ada juga yang telah memilih berkarir di LSM Internasional yang berlokasi di daerah belakang gunung gamalama. Ada yang sedang melanjutkan studi ke jenjang S2 di Australia maupun Inggris. Ada juga yang sedang merencanakan studi S3.

            Perlu dicatat bahwa PPAN bukanlah program perjalanan wisata dengan tujuan mengumpulkan swafoto (photo selfie) terbanyak dengan berbagai gaya untuk kemudian dipamerkan di berbagai jejaring media sosial. PPAN adalah perjalanan mencintai negeri serta wadah mempromosiakan Indonesia dan mempererat tali persaudaraan dengan negara-negara lain.

            Api semangat pemuda kamu telah terbakar ? Apakah kamu pemuda yang sedang kami cari ? Siap menjadi pemuda terbaik mewakili daerah dan Indonesia ?

            Bagaimana cara mengikuti seleksi PPAN 2017 ? Caranya hanya satu yaitu mendaftar. Silahkan mengunduh formulir pendaftaran yang terdapat di Halaman Facebook PCMI Maluku Utara dan sesegera mungkin dikumpulkan paling lambat sebelum tanggal 7 April 2017.

            Sampai jumpa pada hari seleksi.

Ikuti terus akun media sosial kami
Facebook : facebook.com/PcmiMalukuUtara
Instagram : @pcmimalut
Blog         : pcmimalut.blogspot.com
Narahubung  : 081244304014 (Kak Tika)
Narahubung  : 082191168982 (Kak Vidson)

PCMI MALUKU UTARA

Phasellus facilisis convallis metus, ut imperdiet augue auctor nec. Duis at velit id augue lobortis porta. Sed varius, enim accumsan aliquam tincidunt, tortor urna vulputate quam, eget finibus urna est in augue.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar